Syeikh Abdur Rahman al-Akhdhari

Nama lengkap beliau adalah Abu Yazid Abdur Rahman bin Muhammad ash-Shughayyra bin Amir al-Akhdhari. Al-Akhdhari tersebut di nisbahkan kepada Al-Akhdhar, nama satu bukit di Aljazair. Dari pihak ayah, nasab beliau bersambung hingga salah satu shahabat Rasulullah SAW, al-Abbas bin Mirdas bin Abi Amir as-Sulami. 

Terjadi perbedaan anggapan para ahli sejarah mengenai tahun kelahiran Imam al-Akhdary. Menurut ahli sejarah beliau lahir di desa Benthious, Zab barat, Aljazair tahun 910 H/1504 M dan wafat tahun 953 H/1546 M, ahli sejarah yang lain mengatakan beliau lahir tahun 918 H/1512 M dan wafat tahun 983 H/1546 M. Tetapi keterangan beliau sendiri pada akhir kitab Matan Sulam Munawraq, di mana beliau mengatakan selesai mengarang kitab Matan sulam dalam usia 21 pada tahun 941 H, bisa di simpulkan bahwa beliau lahir sekitar tahun 920 H. Beliau lahir dalam lingkungan keluarga yang berpegang teguh pada syara` dan membenci perbuatan yang menyalahi kitab dan sunnah. Bapak beliau seorang ulama yang mengarang hasyiah kitab Sayyidi Jalil. Kakek beliau Syeikh Muhammad bin Amir juga seorang ulama tasawuf.

Imam al-Akhdhari mengawali menulis sejak masa umur muda belia, diantaranya adalah nadham as-Siraj fil Falak dalam umur 17 tahun, nadham azahari al-Mathalib fi Astharlab dalam umur 20 tahun dan nadham Sulam Munawraq dalam umur 21 tahun sebagaimana beliau terangkan sendiri pada akhir nadham Sulam Munawraq. Nadham al-Qudsyah beliau mengarang berusia 24 tahun dan nadham Jauhar Maknun beliau karang saat berusia 30 tahun.

Karya Imam al-Akhdhari terdiri dari karya tulis sebanyak 20 karangan dan ada yang mengatakan lebih dari 30 karangan yang masih ada ketika ini ataupun yang telah tak di dapatkan ketika ini.

Kebanyakan karya beliau berbentuk nadham atau ikhtisar dari matan kitab lain yang lebih besar. Hal ini adalah upaya beliau untuk memudahkan para pelajar menghapal pelbagai tipe keadaan  dalam tiap ilmu. Syeikh Abdur Rahman al-Akhdhari  juga mensyarahi sendiri sebagian nadham yang di karang. 

Related : Syeikh Abdur Rahman al-Akhdhari

0 Komentar untuk "Syeikh Abdur Rahman al-Akhdhari"