Ibnu rusyd



IBNU Rusyd yang bernama Abu Walid Muhammad bin Rusyd seorang ilmuwan muslim yang cerdas. Ibnu Rusyd lahir di Kordoba, Andalusia (Spanyol) pada 520 Hijriyah (1128 Masehi). Dia merajai banyak bidang ilmu, seperti Alquran, fisika, matematika kedokteran, biologi, filsafat, dan astronomi. Sebab itu, dia acap kali pula disebut si brilian dari Andalusia.

Masa hidupnya hanya untuk mengabdi sebagai kadi (hakim) dan fisikawan. Di dunia barat, Ibnu Rusyd terkenal sebagai Averroes dan komentator terbesar atas filsafat Aristoteles yang memengaruhi filsafat Kristen di abad pertengahan, termasuk pemikiran St. Thomas Aquinas.

Ibnu Rusyd digolongkan seorang ilmuwan yang jenius. Kecuali sebagai seorang spesialis filsafat, dia juga spesialis di bidang kedokteran, sastra, nalar, ilmu pasti, dan ilmu agama. Sehubungan dengan itu, dia merajai ilmu tafsir Al-Quran dan hadis, juga ilmu peraturan undang-undang dan Fiqih

Disebabkan kecerdasannya itulah, dia kemudian diangkat menjadi Hakim Agung Kordoba, sebuah jabatan yang pernah dikendalikan kakeknya pada masa pemerintahan Dinasti al-Murabitun di Afrika Utara. Ibnu Rusyd menjadi hakim agung selama masa pemerintahan Khalifah Abu Ya’kub Yusuf sampai keturunannya, Khalifah Abu Yusuf.

Ibnu Rusyd wafat pada 595 Hijriyah (1198 M) di kota Marakis, Maroko. Jenazahnya kemudian dibawa ke Andalusia dan dimakamkan di sana.

Related : Ibnu rusyd

0 Komentar untuk "Ibnu rusyd"